7 Cara Mengatasi DM Instagram Error dan Tidak Berfungsi

2 min read

7 Cara Mengatasi DM Instagram Error dan Tidak Berfungsi

Cara mengatasi DM Instagram error, Fitur Pesan Langsung (DM) Instagram sangat penting karena memfasilitasi pengguna untuk melakukan percakapan pribadi dengan pengguna atau grup pengguna lain.

DM dapat digunakan untuk tujuan bisnis, seperti jaringan, kolaborasi, dan layanan pelanggan, serta untuk komunikasi pribadi, seperti tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.

Jika DM Instagram error atau berhenti berfungsi, pengguna tidak akan dapat mengirim pesan pribadi ke pengguna lain di Instagram, yang dapat memiliki beberapa efek negatif dan pada saat yang sama sangat membuat frustrasi.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah yang sama dengan DM Instagram kamu yang tidak berfungsi, kamu harus membaca artikel di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang pesan Instagram, termasuk cara mengatasi masalahnya.

Penyebab DM Instagram Tidak Berfungsi

Jika DM Instagram kamu tidak berfungsi, mungkin ada berbagai alasan untuk itu. Tetapi alasan pastinya bisa apa saja dan bervariasi tergantung pada pembuatan aplikasi Instagram kamu, ISP kamu, status server Instagram, dan banyak lagi. Alasan paling umum untuk DM Instagram tidak berfungsi adalah:

Server Outage

Terkadang alasan paling umum untuk DM Instagram tidak berfungsi adalah campur aduk server atau outage. hal Itu tidak hanya dapat menyebabkan masalah dengan pesan kamu tetapi bahkan dengan posting, reels, dan penggunaan umum pada aplikasi.

Masalah Internet

Jika kamu memiliki ISP dengan riwayat masalah koneksi, kamu mungkin mengalami koneksi internet yang buruk atau jangkauan yang buruk.

hal Ini tidak hanya akan memengaruhi penggunaan Instagram, tetapi juga penggunaan internet secara umum, yang tidak diinginkan. Selain itu, layanan VPN seperti Express VPN juga dapat mengganggu koneksi internet dan menyebabkan masalah penggunaan di Instagram.

Aplikasi Instagram tidak Diperbarui

Seperti semua aplikasi lainnya, Instagram menerima banyak pembaruan secara berkala untuk memastikan stabilitas dan kinerja. Jika kamu melewatkan terlalu banyak pembaruan, ini bisa menjadi masalah yang telah diperbaiki tetapi kamu melewatkannya.

Ini hanyalah beberapa kemungkinan alasan kamu tidak menerima DM Instagram, dan daftarnya tidak lengkap. Bergantung pada masalahnya, bisa jadi sesuatu atau yang lain.

Meskipun demikian, teruslah membaca saat kami berbicara tentang perbaikan untuk DM Instagram yang tidak berfungsi di perangkat Android atau iOS.

Cara Mengatasi DM Instagram Error atau Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi DM Instagram Error atau Tidak Berfungsi

Ada berbagai alasan di balik kesalahan pesan langsung Instagram tidak berfungsi. Mari kita bahas setiap kemungkinan skenario dan atasi masalahnya untuk kamu.

1. Periksa Server Instagram

Salah satu penyebab DM Instagram yang tidak berfungsi adalah Instagram itu sendiri. Jika server Instagram sedang mengalami masalah, beranda Instagram tidak akan dimuat, dan kamu tidak akan dapat mengirim pesan langsung ke orang lain.

Bagaimana kamu memeriksanya? kamu perlu mengunjungi Downdetector dan mencari Instagram.

Jika kamu melihat lonjakan server yang parah, maka itu adalah masalah dari pihak Instagram dan kamu tidak punya pilihan selain menunggu Instagram untuk memperbaiki masalah dari pihak mereka.

2. Aktifkan Data Seluler untuk Instagram (iPhone)

Pengaturan ini hanya berlaku untuk pengguna iPhone. iOS memungkinkan pengguna menonaktifkan data internet untuk aplikasi tertentu. Jika kamu telah menonaktifkan data Seluler untuk aplikasi Instagram, kamu harus mengaktifkannya kembali. Begini caranya.

  1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.
  2. Gulir ke bawah ke Instagram.
  3. Aktifkan sakelar Data Seluler dari menu Instagram.

3. Paksa Hentikan Instagram (Android)

metode ini hanya berlaku untuk pengguna Instagram di Android. Jika aplikasi Android Instagram bermasalah, kamu dapat menghentikan paksa aplikasi dan mencoba mengirim pesan langsung lagi.

  1. Temukan Instagram dari layar utama Android atau beranda Aplikasi. Ketuk lama pada ikon Instagram.
  2. Buka menu Info aplikasi dan ketuk Paksa berhenti.
  3. Buka aplikasi Instagram lagi dan coba kirim pesan langsung sekarang.

4. Hapus Cache Instagram

Kelebihan data cache Instagram di latar belakang dapat menyebabkan masalah aplikasi umum seperti pesan langsung tidak berfungsi. kamu perlu menghapus cache dari menu Info aplikasi. Begini caranya.

  1. Tekan lama ikon aplikasi Instagram, lalu buka menu info aplikasi.
  2. Ketuk menu Storage and cache dan Clear cache dari menu berikut.

5. Masuk kembali Instagram

metode ini telah berhasil mengatasi masalah dm instagram error. kamu harus keluar dari akun Instagram kamu saat ini dan masuk lagi untuk melihat apakah kamu dapat mengirim pesan langsung atau tidak.

  1. Buka Instagram di iPhone atau Android.
  2. Ketuk Profil dan buka Pengaturan Akun.
  3. Gulir ke bawah dan keluar dari akun kamu saat ini. Masuk dengan kata sandi akun yang sama dan coba kirim pesan langsung lagi.

6. Gunakan Web Instagram

Instagram juga tersedia untuk versi web, kamu dapat memeriksa umpan terbaru di layar besar. kamu juga dapat mengirim pesan langsung (DM) dari web Instagram.

Jika kamu masih mengalami masalah dengan aplikasi Instagram, kamu dapat menggunakan web Instagram dan menggunakan pesan langsung di sana.

7. Gunakan Utas dari Aplikasi Instagram

Sama seperti Messenger Facebook, Instagram juga memiliki aplikasi khusus untuk berkirim pesan yang disebut Threads. Jika kamu menghadapi masalah dengan pesan langsung di aplikasi Instagram utama, kamu dapat mencoba Threads dan mengirim pesan ke teman dan keluarga.

Akhir Kata

itulah dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi direct messenger intsagram tidak berfungsi, semoga dengan adanya artikel terkait cara mengatasi dm instagram error ini dapat membantu kamu mengatasi masalah yang kamu alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *